Cara Share Postingan Otomatis Ke Sosial Media


Ini salah satu postingan saya hasil dari blog seociyus, karena saya pikir sangat bermanfaat untuk saya share dan tulis di blog saya ini. Salah satu cara biar blog banyak yang mengunjungi adalah dengan share postingan kita ke sosial media. Banyak sekali ada yang namanya sosial media, tapi yang umum dipake sama orang Indonesia cuma Facebook, Twitter dan Google+ ya kan sob? Nah ngomongin soal share postingan ke sosial media tentu kalian udah tau caranya, tinggal buka akun sosial media terus share link postingannya beres gan.

Tapi pasti ribet banget, kalau setiap buat postingan kita harus share satu-satu secara manual ke sosial media. Untuk itu pada kesempatan kali ini saya pengen ngasi tutorial cara share postingan otomatis ke sosial media. Jadi kita gak perlu ribet buka akun sosial media satu persatu cuma buat share postingan kita.




Ada banyak cara dan aplikasi yang bisa kita gunakan untuk share postingan secara otomatis. Kalau mau share otomatis ke Google+ sudah disediakan di dashboard Blogger fiturnya sob. Sedangkan share otomatis ke situs sosial media yang lain kita butuh alat bantu. Banyak sekali alat bantu yang bisa kita pakai dari Feedburner, IFTTT, Buffer, Hootsuite dan lain-lain.

Yang akan saya bahas kali ini adalah cara share postingan otomatis dengan Hootsuite. Kenapa Hootsuite? karena alat ini populer, gampang buat pemula dan merupakan favorit saya. Langsung saja disimak cara share postingan otomoatis ke sosial media dengan Hootsuite. saya akan coba menjelaskan secara detail, semoga bisa dengan mudah dimengerti ya sob.


Cara Share Postingan Otomatis Ke Sosial Media ( Hootsuite )





Pertama kalian menuju ke situs Hootsuite lalu daftar. Cara daftarnya gampang bisa melalui akun Facebook atau email sobat. Tinggal di isi saja datanya yang lengkap terus klik Sign Up Now.





Kalau sudah selesai daftar sekarang sobat login ke Hootsuite. Di halaman awal dashboard hootsuite setelah sobat login pilih Add Social Network. Disana ada 8 sosial media yang bisa sobat pilih untuk ditampilkan di Hootsuite dan nanti untuk share postingan otomatisnya juga sob. Misal kamu pilih Twitter, langsung aja klik Connect with Twitter. Lalu akan muncul halaman pop up login ke Twitter untuk meminta izin aplikasi Hootsuite terhubung sama akun Twitter sobat. Login ke Twitter dan klik Authorize app.




Setelah berhasil diberi izin akses aplikasi Hootsuite terhubung dengan akun sosial media, maka akan muncul tab baru. Silahkan di hubungkan akun sosial media lain yang sobat punya ke Hootsuite dengan cara yang sama. Kalau sudah beres menghubungkan semua akun sosial medianya sekarang kita lanjut menghubungkan Blog yang kita pengen share postingannya secara otomatis via Hootsuite.

Caranya di dashboard Hootsuite sobat pilih Setting dan klik RSS/Atom atau bisa juga pilih Publisher lalu klik RSS Feeds. Setelah itu klik tanda + ( Add New Feed ), terus tinggal di isi datanya. Tambahkan alamat feed blog sobat, pilih akun sosial media yang akan dipakai untuk share postingan, pilih waktu ngeceknya, pilih jumlah postingan, kata-kata tambahan dan URL shortenernya kalau sudah lengkap tinggal klik Save Feed aja.




Lakukan hal yang sama untuk menambahkan feed ke akun sosial media yang lainnya sob. Semua udah beres sekarang kamu gak perlu repot-repot lagi share postingan ke sosial media karena semua udah secara otomatis di share melalui Hootsuite. Untuk fitur dari Hootsuite yang lainnya silahkan dicoba-coba sendiri misal menambahkan Aplikasi Blogger. Jadi nanti loe bisa buat postingan langsung dari Hootsuite gan.


No comments: